Pemasaran atau Marketing Mix dalam Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan
BAB III
PRODUKSI MASSAL DAN PEMASARAN
2. PEMASARAN
A. Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan proses penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen secara cepat dan tepat, meliputi fungsi-fungsi pemasaran itu sendiri.
Pemasaran penting bagi produsen agar dapat bersaing dan mempertahankan usaha sendiri .
Selain itu, pemasaran bisa diartikan sebagai rangkaian panjang kegiatan usaha sejak dari penelitian/survei pasar, merancang produk, formulasi, distribusi, promosi, penetapan harga, penjualan, hingga pengantaran agar sampai ke tangan konsumen.
Konsep inti pemasaran menurut Kotler (1997), meliputi : kebutuhan, keinginan, dan permintaan, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan serta pasar.
Ada tiga pertanyaan dasar yang harus dijawab oleh wirausahawan, yaitu :
• Produk apa yang akan dipasarkan ?
• Siapa yang akan memasarkan produk tersebut ?
• Bagaimnana cara memasarkan produk tersebut ?
B. Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Marketing Mix adalah istilah yang banyak dipakai oleh para pebisnis. Pembahasan mengenai marketing mix ini juga sangat mudah kita temukan di Internet. Satu diantara strategi perusahaan yang direkomendasikan adalah dengan bauran pemasaran (marketing mix).
Marketing Mix adalah kegiatan mengombinasikan berbagai kegiatan marketing agar dicapai kombinasi maksimal dan hasil yang paling memuaskan.
Baca Juga : PENTINGNYA PEMASARAN OFFLINE & ONLIE
Ada empat elemen yang tercakup dalam marketing mix, dikenal dengan istilah 4P, yaitu :
- Product
- Price
- Place
- Promotion
Namun perkembangan pemasaran yang semakin global dan tanpa batasan bauran pemasaran ada yang menambah menjadi 7P, yaitu :
- Product
- Price
- Promotion
- Place
- Physical environment
- Process
- People
Sikap dan Perilaku konsumen / pelanggan bisnis jelas dipengaruhi oleh program bauran pemasaran yang diimplementasikan atau dilaksanakan oleh perusahaan.
Oleh karena itu, seorang wirausahawan harus bisa menganalissa kebutuhan, perilaku dan pengaruh pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.
Terimakasih telah mengunjungi www.katapintar.site
Mudah-mudahan selalu memberikan manfaat yang besar bagi para pembaca, silahkan berikan komentar pada kolom yang sudah ditentukan.
Sumber : Yoeningsih, Sri Wiarti, dan Iman Firmansyah.2019.Produk kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII.Bandung:HUP.
Artikel BAB III, Sebelumnya
Komentar
Posting Komentar