MANFAAT PENGUJIAN PASAR & TAHAPAN PROSES PENGUJIAN PRODUK BARU
BAB VII
PENGUJIAN PRODUK
PENGUJIAN PRODUK
MANFAAT PENGUJIAN PASAR & TAHAPAN PROSES PENGUJIAN PRODUK BARU (Dalam Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI)
Melanjutkan BAB VII masih mengenai pengujian produk. Untuk mengingatkan Pengujian Produk dilakukan setelah gambar kerja produk yang kita buat telah selesai, dan pengujian produk dilakukan sebelum produk yang dibuat diproduksi secara massal bahkan dipasarkan sesuai target segmentasi di awal.
Dalam melakukan suatu hal menimbulkan manfaat yang besar, tidak terkecuali dengan pegujian produk.
1. Manfaat Pengujian Pasar
Pengujian produk mendatangkan banyak manfaat terlebih untuk wirausaha itu sendiri diantaranya :
a. Meminimalisir kegagalan produk;
b. Meringankan resiko usaha;
c. Membuat peramalan penjualan masa datang yang lebih dipercaya;
d. Pengujian awal terhadap berbagai alternative rencana pemasaran;
e. Menambah percaya diri wirausaha dalam hal produksi dan pemasaran.
Nah... Sekarang Bagaimana Tahapan-tahapan proses pengujian pada produk baru....???
Lanjuttttt.........
2. Tahapan Proses Pengujian Produk Baru
Secara Umum, ada empat kegiatan dalam pengujian produk baru, yaitu sebagai berikut :
a. Technical Testing (Pengujian Teknis)
Yaitu dengan cara membuat prototype (contoh produk) yang merupakan perkiraan produk akhir. Pengujian atas kinerja produk prototype dapat menghasilkan sejumlah informasi penting tentang usia panjang produk, tingkat keusangan produk, masalah yang timbul dari pemakaian atau konsumsi yang tidak seharusnya, potensi kerusakan dan jadwal pemeliharaan yang tepat.
Dengan dilakukannya pengujian teknis kita bisa mengantisipasi kejadian-kejadian atau kesalahan-kesalahan yang mungkin timbul dikemudian hari.
b. Pengujian Preference and Satisfaction Testing (Preferensi dan Kepuasan)
Secara umum ada dua cara utama yang dibutuhkan dalam tipe pengujian ini yaitu :
* Meminta sejumlah komsumen untuk menggunakan sebuah produk yang telah kita buat selama jangka waktu tertentu, kemudian mereka diberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan preferensi dan kepuasaan konsumen.
* Dilakukannya “Blind Test” terhadap beberapa konsumen yang telah kita tentukan, tujuannya agar konsumen memberikan tanggapan yang jujur terhadap produk yang kita buat tanpa mereka ketahui merek dan produsennya.
c. Simulated Test Markets
Yaitu prosedur riset pemasaran dibuat untuk memberikan gambaran yang murah dan cepat tentang pangsa pasar yang bisa diharapkan dari produk baru.
Beberapa model yang dapat dipakai antara lain DESIGNOR. ASSESSOR, dan LITMUS.
d. Test Markets (Pengujian Pasar)
Yaitu perusahaan akan menawarkan sejumlah produk untuk dijual diwilayah tertentu yang diharapkan dapat mewakili keseluruhan pasar dimana produk tersebut nantinya akan dipasarkan secara menyeluruh.
3. Metode pokok untuk menguji pasar produk konsumen, sebagi berikut :
- Sales Wave Research
Dari kegiatan ini yang dilakukan secara berulang perusahaan dapat mengamati tingkat kepuasaan konsumen dari tindakannya membeli secara berulangkah atau tidak terhadap produk yang kita buat.
- Simulasi Test Marketing
Tak lupa selingi beberapa tayangan iklan singkat produk terkenal maupun baru, kemudian konsumen tersebut diberikan uang untuk membeli produk yang sudah ada dalam paparan sebelumnya. Setelah itu konsumen ditanyakan alasan-alasan mereka membeli produk sesuai dengan keinginannya tersebut.
Kegiatan ini biasanya memerlukan 30-40 menit.
- Controlled Test Marketing
Namun metode ini tidak dapat memberikan informasi mengenai distributor agar mau menjual produk baru perusahaan.
- Test Markets
Perusahaan akan melakukan promosi dan periklanan yang nantinya akan sama dilakukan secara nasional.
Biaya yang dikeluarkan tergantung berapa kota yang dilakukan pengujian pasar dan berapa lama waktu yang dibutukan, serta jumlah data yang diinginkan perusahaan.
Ternyata secara teori untuk membuat produk baru agar bisa diluncurkan kepada konsumen tidak semudah yang kita bayangkan, tetapi tidak sedikit juga para produsen yang tidak melakukan hal ini.
Namun kita bisa membandingkan produk-produk yang ada dipasaran dan bertahan sampai sekarang tentunya melalui beberapa tahapan pengujian produk sampai bisa diterima oleh konsumen dan dipakai sampai beberapa generasi atau tak lekang oleh waktu.
Terimakasih sudah mengunjungi KATA PINTAR kami,semoga dengan adanya konten yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda. Silahkan berikan komentar pada kolom yang sudah disediakan.
Referensi : Buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI
Komentar
Posting Komentar