MEDIA PROMOSI PEMASARAN

BAB II

MEDIA PROMOSI PEMASARAN


3.2 Menerapkan media promosi pemasaran
4.2 Membuat media promosi pemasaran

Dalam mempromosikan produknya agar dikenal dan dibeli konsumen, wirausaha membutuhkan media promosi yang tepat. Media promosiyang dipilih mempengaruhi keberhasilan promosi suatu produk.


A. Pengertian Promosi


Menurut Fandy Tjiptono (2008:219), promosi merupakan bentuk komunikasi pemasaran, artinya aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perudahaan yang bersangkutan.

B. Tujuan promosi


Adapun tujuan utama promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk. Secara rinci ketiga tujuan promosi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Menginformasikan
        Menginformasikan (informing) dapat berupa :
  • Menginformasikan pasar mengenai keberadaan adanya sebuah produk baru,
  • Memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari produk tertentu,
  • Menyampaikan perubahan harga (penurunan atau kenaikan) suatu produk kepada pasar,
  • Menjelaskan cara kerja dari suatu produk,
  • Memberi informasi kepada konsumen jasa-jasa yang diberikan atau disediakan oleh perusahaan,
  • Meluruskan kesan yang keliru pada masyarakat,
  • Mengurangi rasa ketakutan ataupun kekhawatiran para konsumen,
  • Membangun citra perusahaan.

2. Mempengaruhi dan Membujuk
        Membujuk pelanggan sasaran (persuading) untuk :
  • Membentuk pilihan merek,
  • Mengalihkan pilihan konsumen ke merek tertentu,
  • Mengubah persepsi konsumen terhadap atribut suatu produk,
  • Mendorong para konsumen untuk berbelanja pada saat itu juga,
  • Memberi dorongan konsumen untuk menerima kunjungan dari wiraniaga (salesman). 

3. Mengingatkan
        Mengingatkan (reminding) dapat terdiri atas :
  • Mengingatkan para konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan oleh mereka dalam waktu dekat,
  • Mengingatkan para konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan,
  • Membuat para konsumen tetap ingat walaupun tidak adanya kampanye iklan,
  • Menjaga agar ingatan pertama konsumen pada produk perusahaan. Sebagai contoh disaat konsumen ingin membeli sabun mandi, maka harapannya ingatan pertama mereka jatuh pada merek sabun Lux.

BACA JUGA : PENTINGNYA BRANDING OFFLINE DAN ONLINE

Promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut.


Terimakasih telah mengunjungai www.katapintar.site
Mudah-muadahan bisa memberikan manfaat, silahkan komen pada kolom yang sudah disediakan.

Sumber : Ayuningsih, Ulfa Rahmah dan Nurul Bekti Pramuditha.2018.Produk Kreatif dan Kewirausahaan.Surakarta:penerbit dan Percetakan Mediatama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT PENGUJIAN PASAR & TAHAPAN PROSES PENGUJIAN PRODUK BARU

Produksi Massal dan Pemasaran dalam Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan (Oleh : Ika Kartika, S.Pd)