MACAM-MACAM MEDIA PROMOSI DALAM PEMASARAN PRODUK UNTUK MAPEL PKK

MACAM-MACAM MEDIA PROMOSI DALAM PEMASARAN PRODUK UNTUK MAPEL PKK-

Media Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk perusahaan atupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Secara umum media promosi dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok, yaitu media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media lini bawah.


1. MEDIA CETAK

Media cetak merupakan media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan sejumlah kata, gambar, atau fhoto baik dalam tata warna maupun hitam putih.
Ciri-ciri media cetak yaitu sebagai berikut :

  • Praktis
  • Bersifat massal
  • Dapat ditemukan sampai daerah pelosok
  • Bisa disimpan sebagai arsip atau koleksi
Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat kabar, majalah, tabloid, brosue, selembaran, dan lain-lain.
Media massa cetak seperti surat kabar atau koran, tabloid dan majalah dapat menjadi alternatif pertama dalam mempromosikan produk dan jasa. Tingkat keterbacaan media massa cetak yang tinggi dan jangkauan yang luas memungkinkan iklan dilihat dan dibaca oleh banyak orang sehingga pesan merek dapat tersampaikan dengan baik.

2. MEDIA ELEKTRONIK

Media Elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan bila ada jasa tranmisi siaran. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas televisi, radio dan media digital online.

3. MEDIA LUAR RUANGAN

Media luar ruangan merupakan media iklan yang dipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan dan di pusat keramaian. Jneis-jenis media luar ruangan terdiri atas bilboard, baliho, poster, spanduk, umbul-umbul dan balon raksasa.
Media promosi luar ruangan ditempatkan di tempat-tempat umum dan strategis.
Ukuran media luar ruangan yang relatif besar berpotensi untuk menarik perhatian pembaca dan mengarahkan mereka pada pesan merek.
Media luar ruangan harus didesain semenarik mungkin agar menarik perhatian prang karena media ini biasanya dibaca sambil lalu.

4. MEDIA LINI BAWAH

Media Lini bawah atau disebut dengan Below The Line (BTL) artinya segala aktifitas marketing / promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan tujuan merangkul konsumen supaya aware dengan produk kita.  Media lini bawah merupakan media-media minor yang digunakan untuk mengiklankan produk. Jenis-jenis media lini bawah terdiri atas pameran, direct mail, poin of purchase, merchanding schemes, kalender dan bonus. 

BACA JUGA : PENTINGNYA BRANDING OFFLINE DAN ONLINE



Terimakasih telah mengunjungi www.katapintar.site
Mudah-mudahan selalu memberikan manfaat, silahkan untuk memberikan komentar pada kolom yang sudah diseddiakan.

Sumber : Ayuningsih, Ulfa Rahmah dan Nurul Bekti Pramuditha.2018.Produk Kreatif dan Kewirausahaan.Surakarta:penerbit dan Percetakan Mediatama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT PENGUJIAN PASAR & TAHAPAN PROSES PENGUJIAN PRODUK BARU

Produksi Massal dan Pemasaran dalam Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan (Oleh : Ika Kartika, S.Pd)