PRODUK (BARANG DAN JASA )
BAB V
PRODUK (BARANG DAN JASA)
A. Produk Barang dan Jasa
Pengertian produk menurut Alma (2004:139) adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud, termasuk didalamnya warna, harga, nama baik pabrik, nama baik toko yang menjual (pengecer), dan pelayanan pabrik serta pelayanan pengecer, yang diterima oleh pembeli guna memuaskan keinginannya.
Menurut Kotler dan Armstrong dalam Ginting (2011:90), pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk perhatian, penggunaan dan konsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Produk dalam arti yang luas mencakup komponen fisik, jasa, orang, organisasi, gagasan, atau gabungan dari semuanya.
B. Produk Barang
Identifikasi kebutuhan konsumen meliputi hal-hal berikut :
1. Kebutuhan pokok/utama (primer)
2. Kebutuhan sekunder (sekunder)
3. Kebutuhan pelengkap (tersier)
Seorang wirausaha mengklasifikasikan barang didasarkan pada kebiasaan konsumen, diantaranya :
1. Barang yang mudah didapat (convinience goods)
2. Barang shopping (shopping goods)
C. Produk Jasa
Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang sifat dan bentuknya ditujukkan dengan ciri sebagai berikut :
1. Tidak berwujud (intangibility)
2. Tidak dapat dipisahkan (inseparability)
3. Berubah-ubah (variability)
4. Daya tahan (perishability)
D. Jenis Produk dapat dibedakan menjadi :
1. Consumers Goods
2. Industrial Goods
E. Jenis Produk berdasarkan tujuan pemakaiannya terdiri atas :
1. Shopping goods : barang yang perlu pertimbangan kualitas, harga, kemasan dan jenis
2. Convinence Goods : barang yang mudah dicari jika diperlukan setiap saat.
3. Speciality Goods : barang yang memerlukan pelayanan khusus dan terdapat di toko tertentu
4. Unsought Goods : barang yang tidak dicari dan pemasarannya dengan mendatangi konsumen
Komentar
Posting Komentar