KONSEP PELAYANAN PRIMA Untuk MENCAPAI KEPUASAN PELANGGAN

KONSEP PELAYANAN PRIMA Untuk MENCAPAI KEPUASAN PELANGGAN

-Dalam upaya menerapkan pelayanan prima kepada para pelanggan agar bisa memuaskan, ada banyak poin yang wajib diperhatikan dan dilaksanakan, satu diantaranya adalah menjalankan konsep pelayanan prima.

Nah di bawah ini ......beberapa Konsep Pelayanan Prima atau Excellent Servise untuk mencapai atau memberikan kepuasan terhadap pelanggan.

Beberapa Konsep Pelayanan Prima diantaranya :

a.   Konsep A4

1) Attitude

Dalam menjalankan konsep pelayanan prima kepada para pelanggan, sikap atau attitude merupakan poin yang utama. Sikap yang ramah dan sabar dalam melakukan pelayanan kepada konsumen, baik itu pelanggan kelas atas maupun pelanggan kelas kecil harus diterapkan dengan seimbang.
Untuk menciptakan kesan attitude yang baik di mata konsumen, maka para pegawai yang berinteraksi langsung dengan konsumen wajib menggunakan bahasa sopan, cekatan dalam menangani keluhan, dan menjadikan pelanggan sebagai seorang raja.

2) Attention
Attention atau Perhatian adalah tindakan untuk memperhatikan keinginan pelanggan serta fokus dalam menciptakan kepuasan konsumen.
Atensi tersebut dapat diwujudkan dengan berbagai cara, misalnya mencermati karakter konsumen yang datang, memahami kepentingan dan kebutuhan pelanggan, serta mampu memberikan nasihat kepada pelanggan jika diperlukan.

3) Action
Langkah berikutnya setelah kita memulai dengan sikap yang bagus kemudian perhatian tercurah sepenuhnya terhadap pelanggan, maka langkah berikutnya adalah segera melakukan tindakan (action) guna mewujudkan apa yang diharapkan oleh konsumen.
Action yang dilakukan hendaknya memenuhi prinsip cepat, tepat, hemat dan selamat.
Misalnya, dalam usaha jasa reparasi komputer, pelanggan yang datang tentu berharap agar komputer yang ingin diperbaiki bisa segera cepat selesai dengan diagnosa masalahyang tepat, biaya yang hemat serta reparasi dengan selamat tentunya.

4) Anticipation
Sebagai back up terakhir dari usaha melakukan pelayanan prima kepada para konsumen adalah menyiapkan solusi dari segala kemungkinan yang terjadi dalam bisnis anda. Hal tersebut dikenal dengan istilah antisipasi bisnis. Antisipasi yang perlu dipersiapkan dalam pelayanan prima tentu yang menyangkut dengan kepentingan konsumen.
Biasanya kita sebagai pengusaha membuat antisipasi yang berupa dana antisipasi atau lainnya demi menjamin kepuasan dan loyalitas para pelanggan.

b.  Konsep A3
Dalam Konsep pelayanan prima selain terdapat konsep A4 juga ada yang dinamakan dengan istilah Konsep A3.
Pelayanan Prima berdasarkan konsep A3, yaitu pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dengan menggunakan pendekatan sikap (attitude), pehatian (attention), dan tindakan (action).

1) Attitude
Pelayanan prima berdasarkan sikap adalah pemberian pelayanan kepada pelanggan dengan fokus pada perbaikan sikap (attitude) tentang pelayanan.
Pelayanan prima berdasarkan sikap ini meliputi :
Pelayanan dengan penampilan serasi
Pelayanan dengan pikiran positif
Pelayanan dengan sikap menghargai

2) Attention

Pelayanan prima berdasarkan attention atau perhatian mencakup tiga prinsip pokok, yaitu :
Mendengarkan dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para kolega dan pelanggan
Mengamati dan mendengar perilaku para kolega dan pelanggan
Mencurahkan perhatian penuh pada kolega dan pelanggan
3) Action
Pelayanan prima berdasarkan tindakan terdiri dari :
Mencatat pesanan pelanggan
Mencatat kebutuhan pelanggan
Menegaskan kembali kebutuhan pelanggan
Mewujudkan kebutuhan pelanggan
Mennyatakan terimakasih dengan harapan pelanggan kembali

Nah.......... Terlepas konsep mana yang akan kita gunakan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan agar mendapatkan kepuasan, Intinya kita sebagai pengusaha harus memberikan pelayanan yang terbaik yang bisa kita lakukan.
Hal ini bukan saja terkait dengan materi atau laba yang akan didapkan, melainkan kepuasan batin tersendiri, disaat orang lain merasa puas terhadap produk dan pelayanan yang kita berikan kepada mereka.

Terimakasih sudah mengunjungi KATA PINTAR kami,semoga dengan adanya konten yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda. Silahkan berikan komentar pada kolom yang sudah disediakan.



Sumber : Drs. Daryanto & Drs. Ismanto Setyobudi, M.Pd.Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT PENGUJIAN PASAR & TAHAPAN PROSES PENGUJIAN PRODUK BARU

Produksi Massal dan Pemasaran dalam Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan (Oleh : Ika Kartika, S.Pd)