Standar Pelayanan Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan

Standar Pelayanan Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan

Pelayanan adalah suatu aktivitas atau serangkaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan konsumen / pelanggan. (Groonroos, 1990:27)



Dalam Upaya memberikan pelayanan usaha yang terbaik kepada pelanggan, terdapat standar pelayanannya tersendiri.

Apa kalian tahu Standar Pelayanan yang seperti apa yang harus diterapkan ?

Standar pelayanan merupakan ukuran yang telah ditentukan sebagai suatu pembakuan pelayanan yang baik. Standar pelayanan mengandung baku mutu pelayanan. Pengertian mutu menurut Goetsch dan Davis (Sutopo dan Suryanto, 2003:10) merupakan kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pihak yang menginginkannya.

Dalam Standar pelayanan ada yang disebut dengan TQM (Total Quality Management) atau Manajemen Mutu Terpadu. Pada awalnya TQM diterapkan didunia usaha, oleh karena keberhasilannya maka instansi pemerintah kemudian mencoba menerapkannya.

Total Quality Management (TQM) hanya dapat dicapai dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut (Tjiptono, 1997) :

  1. Berfokus pada pelanggan
  2. Obsesi terhdapa mutu
  3. Pendekatan ilmiah
  4. Komitmen jangka panjang
  5. Kerjasama Tim
  6. Perbaikan sistem secara berkesinambungan
  7. Pendidikan dan pelatihan.

Membangun Pelayanan Prima

Pengertian pelayanan prima  adalah kemampuan diri kita atau perusahaan dalam memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan standar yang telah di tetapkan. Kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang dimiliki. Untuk memenuhi standar pelayanan yang baik, dibutuhkan antara lain :

  1. Karyawan yang berkualitas
  2. Sarana dan Prasarana Lengkap
  3. Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sejak awal hingga selesai
  4. Melayani secara cepat dan tepat
  5. Komunikasi Efektif
  6. Wawasan dan Pengetahuan Produk
  7. Memahami kebutuhan pelanggan


Terimakasih telah mengunjungi website KATA PINTAR, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa diimplementasikan dalam menjalankan usaha maupun bisnis.

Sumber : Drs. Daryanto & Drs. Ismanto Setyobudi, M.Pd.Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT PENGUJIAN PASAR & TAHAPAN PROSES PENGUJIAN PRODUK BARU

Produksi Massal dan Pemasaran dalam Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XII

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan (Oleh : Ika Kartika, S.Pd)